Tugas-tugas perkembangan



1.             Tugas-tugas dalam perkembangan mempunyai 3 macam tujuan yang sangat berguna yaitu:
a.       Menjelaskan perilaku anak atau orang dalam perkembangannya.
b.      Mengidentifikasi sebab-sebab yang menghasilkan perubahan pada perilaku dari suatu kondisi kepada kondisi lain.
c.       Mengidentifikasi proses-proses yang menghasilkan perubahan pada perilaku dari suatu kondisi kepada kondisi lain.
3 macam bahaya potensial yang umum berhubungan dengan tugas-tugas perkembangan yaitu: apabila individu mengalami kegagalan dalam menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya akan mengalami
a.       Kekecewaan bagi individu
b.      Penolakan oleh masyarakat
c.       Kesulitan untuk melaksanakan tugas perkembangan berikutnya
2.             Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan individu antara lain:
a.       Faktor indogin
Ø Faktor fisik, sebagian merupakan bawaan yang tidak dapat diubah, tetapi sebagian ditentukan oleh pemeliharaan ketika kehamilan, gizi, olah raga dan kesehatan umum.
Ø Jenis kelamin, berpengaruh pada kemampuan kognitif, keterampilan dan sikap
Ø Kesehatan, terutama penyakit turunan
Ø Kecerdasan, yang berbeda bagi setiap orang
Ø Bakat, yaitu kemampuan khusus yang dimiliki seseorang tanpa tergantung pada latihan. Orang akan lebih berhasil jika belajar sesuai dengan bakatnya.

b.      Faktor eksogin
Faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan anak adalah sebagai berikut :
Ø Keluarga yang mencakup jumlah anak dalam keluarga, nomor kelahiran, perubahan struktur keluarga, latar belakang pendidikan orang tua, dan status sosial ekonomi
Ø Sekolah sebagai pendidikan formal, yang sangat besar pengaruhnya bagi setiap orang terutama dalam bersikap dan bertindak
Ø Budaya dan masyarakat yang mempengaruhi berbagai aspek belajar terutama dalam sikap dan nilai, bahasa, serta reaksi terhadap diri dan disiplin kelas
Ø Media, termasuk media elektronik dan media cetak.

3.             Karakteristik perkembangan anak Sekolah Dasar implikasinya bagi pendidik
Pada masa anak SD perkembangan fisik atau jasmani tiap anak berbeda-beda, perkembangan fisik dipengaruhi nutrisi dan kesehatan. Olahraga yang teratur juga mempengaruhi perkembangan anak usia SD. Perkembangan intelektual anak sangat tergantung pada berbagai faktor utama, antara lain kesehatan, gizi, kebugaran jasmani, pergaulan dan pembinaan orang tua. Perkembangan emosional anak SD dapat dipengaruhi adanya gangguan kecemasan, rasa takut, dan faktor-faktor eksternal contohnyaorang tua yang sangat keras, suka menekan, dan selalu menghukum anak. Kemampuan setiap anak usia SD berbeda-beda. Kemampuan berbahasa sangat dipengaruhi oleh faktor intelektual dan lingkungan serta organ berbicara seseorang. Kemampuan bersosialisasi sangat dipengaruhi lingkungan, baik keluarga, teman sebaya dan kemajuan teknologi. Karakteristik perkembangan anak Sekolah Dasar perlu diketahui oleh pendidik sebab pendidik akan memberikan pembinaan dengan baik dan tepat sehingga dapat meningkatkan potensi kecerdasan dan kemampuan anak didiknya sesuai dengan kebutuhan anak dan harapan orangtua pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.Pengetahuan tentang perkembangan fisik, mental, rohani, serta intelektual anak SD tersebut merupakan modal utama dalam rangka pendidik melakukan pembinaan terhadap anak didiknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pendekatan,metode, dan teknik pembelajaran bahasa Indonesia

periodisasi sastra

perbedaan pusi lama dan puisi baru