Tugas-tugas perkembangan
1.
Tugas-tugas
dalam perkembangan mempunyai 3 macam tujuan yang sangat berguna yaitu:
a.
Menjelaskan perilaku anak atau orang dalam
perkembangannya.
b.
Mengidentifikasi sebab-sebab yang menghasilkan
perubahan pada perilaku dari suatu kondisi kepada kondisi lain.
c.
Mengidentifikasi proses-proses yang menghasilkan
perubahan pada perilaku dari suatu kondisi kepada kondisi lain.
3 macam bahaya potensial yang umum berhubungan dengan tugas-tugas
perkembangan yaitu: apabila individu mengalami kegagalan dalam menyelesaikan
tugas-tugas perkembangannya akan mengalami
a.
Kekecewaan bagi individu
b.
Penolakan oleh masyarakat
c.
Kesulitan untuk melaksanakan tugas perkembangan
berikutnya
2.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangan dan pertumbuhan individu antara
lain:
a.
Faktor indogin
Ø Faktor fisik, sebagian merupakan bawaan yang tidak dapat diubah, tetapi
sebagian ditentukan oleh pemeliharaan ketika kehamilan, gizi, olah raga dan
kesehatan umum.
Ø Jenis kelamin, berpengaruh pada kemampuan kognitif, keterampilan dan sikap
Ø Kesehatan, terutama penyakit turunan
Ø Kecerdasan, yang berbeda bagi setiap orang
Ø Bakat, yaitu kemampuan khusus yang dimiliki seseorang tanpa tergantung
pada latihan. Orang akan lebih berhasil jika belajar sesuai dengan bakatnya.
b.
Faktor eksogin
Faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan anak adalah sebagai
berikut :
Ø Keluarga yang mencakup jumlah anak dalam keluarga, nomor kelahiran,
perubahan struktur keluarga, latar belakang pendidikan orang tua, dan status
sosial ekonomi
Ø Sekolah sebagai pendidikan formal, yang sangat besar pengaruhnya bagi
setiap orang terutama dalam bersikap dan bertindak
Ø Budaya dan masyarakat yang mempengaruhi berbagai aspek belajar terutama
dalam sikap dan nilai, bahasa, serta reaksi terhadap diri dan disiplin kelas
Ø Media, termasuk media elektronik dan media cetak.
3.
Karakteristik
perkembangan anak Sekolah Dasar implikasinya bagi pendidik
Pada masa
anak SD perkembangan fisik atau jasmani tiap anak berbeda-beda, perkembangan
fisik dipengaruhi nutrisi dan kesehatan. Olahraga yang teratur juga
mempengaruhi perkembangan anak usia SD. Perkembangan intelektual anak sangat
tergantung pada berbagai faktor utama, antara lain kesehatan, gizi, kebugaran
jasmani, pergaulan dan pembinaan orang tua. Perkembangan emosional anak SD
dapat dipengaruhi adanya gangguan kecemasan, rasa takut, dan faktor-faktor
eksternal contohnyaorang tua yang sangat keras, suka menekan, dan selalu
menghukum anak. Kemampuan setiap anak usia SD berbeda-beda. Kemampuan berbahasa
sangat dipengaruhi oleh faktor intelektual dan lingkungan serta organ berbicara seseorang.
Kemampuan bersosialisasi sangat dipengaruhi lingkungan, baik keluarga, teman
sebaya dan kemajuan teknologi. Karakteristik perkembangan anak Sekolah Dasar
perlu diketahui oleh pendidik sebab pendidik akan memberikan pembinaan dengan
baik dan tepat sehingga dapat meningkatkan potensi kecerdasan dan kemampuan
anak didiknya sesuai dengan kebutuhan anak dan harapan orangtua pada khususnya
dan masyarakat pada umumnya.Pengetahuan tentang perkembangan fisik, mental,
rohani, serta intelektual anak SD tersebut merupakan modal utama dalam rangka
pendidik melakukan pembinaan terhadap anak didiknya.
Komentar
Posting Komentar