Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia


Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia

1.       Jika kita ingin berhasil dengan baik dalam penggunaan media pembelajaran maka kita perlu menempuh langkah-langkah umum yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Maksudnya bahwa ketika kita akan menggunakan media dalam pembelajaran maka perlu dilakukan persiapan. Persiapan yang diperlukan yaitu merencanakan media apa yang cocok digunakan, media harus memperhatikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, media tersebut harus tersedia dan kita sebagai guru dapat menggunakannya. Pada pelaksanaan, sewaktu menggunakan media pembelajaran kita harus dapat fokus untuk membuat siswa semakin paham dan mengerti materi pembelajaran yang kita sampaikan. Setelah pembelajaran kita harus mengevaluasi penggunaan media tersebut. Apakah setelah kita menggunakan media pembelajaran tersebut siswa senang, tertarik dengan materi yang kita sampaikan. Apakah setelah menggunakan media pembelajaran tujuan pembelajaran tersebut tercapai sesuai yang direncanakan. Inilah beberapa pertanyaan yang menjadi bahan evaluasi bagi kita sebagai guru, dari evaluasi tersebut kita dapat melakukan revisi ataupun pengembangan terhadap media pembelajaran yang sudah kita gunakan.

2.       Kita harus membuat layout terlebih dahulu ketika akan membuat media grafis karena media grafis akan berkualitas baik , menarik, dan dapat menyampaikan materi pembelajaran yang mampu membuat siswa paham apabila layout atau tata letak susunan gambar, garis, atau tulisan menjadi suatu kesatuan, dalam arti unsur-unsur yang akan ditonjolkan sudah tampak, penempatan semua benda sudah harmoni membentuk suatu kesatuan.

3.       Pendekatan komunikatif didasarkan pada pandangan pembelajaran bahasa Indonesia bahwa belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi. Maksudnya bahwa pembelajar akan belajar bahasa dengan baik apabila ia diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam penggunaan bahasa Indonesia secara komunikatif dalam berbagai macam aktivitas.

4.       Konsep pendekatan integratif dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah model pembelajaran kegiatan berbahasa berdasarkan fungsi utama bahasa sebagai alat untuk berkomunikasi. Para siswa dituntut untuk terampil berbahasa, yaitu terampil menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Keempat keterampilan berbahasa tersebut harus dilakukan secara terpadu dalam satu proses pembelajaran dengan fokus satu keterampilan. Contohnya, para siswa sedang belajar keterampilan berbicara maka ketiga keterampilan yang lainnya harus dilatihkan juga, tetapi kegiatan tersebut tetap difokuskan untuk mencapai peningkatan kualitas berbicara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pendekatan,metode, dan teknik pembelajaran bahasa Indonesia

periodisasi sastra

perbedaan pusi lama dan puisi baru