media pembelajaran
NAMA :
CHOLIFATUN
NIM :
021514644
JAWABAN TUGAS 2
1. beberapa
pertimbangan positif dalam upaya mengembangkan
Media Pembelajaran adalah
Media Pembelajaran adalah
a.
Media yang dibutuhkan oleh guru dan siswa
tersedia/ada.
b.
Media yang digunakan sesuai dengan tujuan yang ingin
dicapai.
c.
Penggunaan media tersebut tidak membebani siswa dan
guru,ataupun pihak-pihak lain terkait yang mampu membiayai pengadaan media.
d.
Guru harus sudah siap untuk mengombinasikan penggunaan
media dengan aktivitas lain untuk siswa.
e.
Guru dapat menggunakan orang, bahan mentah, daur ulang
yang ada di sekitar untuk mengembangkan media yang digunakan.
2. Menurut saya
bentuk pemanfaatan media audio yang lengkap untuk menyampaikan materi dalam
proses pembelajaran kepada siswa adalah media audiovisual, contohnya CD
audiovisual yang digunakan oleh guru akan lebih lengkap penjelasannya karena
menampilkan suara dan juga gambar, diharapkan siswa menjadi lebih paham karena
dapat melihat dan mendengar penjelasan suatu materi pelajaran melalui media
audiovisual.
3. Tujuan
Pemanfaatan Program Video dalam proses pembelajaran adalah
a.
Memberi informasi (to
inform)
Program video mampu digunakan sebagai sarana untuk
mendiseminasikan informasi dan pengetahuan yang diperlukan oleh penggunanya.
b.
Membelajarkan (to instruct)
Program video pembelajaran dapat juga untuk
membelajarkan pemirsa tentang keterampilan atau kompetensi yang bersifat
spesifik.
c.
Membujuk (to
persuade)
Program video kerap digunakan sebagai sarana persuasif
untuk membujuk pemirsa agar melakukan suatu tindakan tertentu.
d.
Menghibur (to
entertain)
Untuk keperluan pembelajaran, saat ini banyak program
yang diproduksi dengan menggunakan pendekatan edutainment mendidik sambil menghibur.
4. Perbedaan
program video pembelajaran dengan program video hiburan adalah video
pembelajaran merujuk kepada mediun video yang sengaja didesain atau dirancang
untuk keperluan pembelajaran. Video pembelajaran biasanya ditujukan untuk
mendukung aktivitas pembelajaran pada kelompok pemirsa yang spesifik agar
mencapai kompetensi yang spesifik pula. Sedangkan program video hiburan
memiliki tujuan hanya menghibur pemirsanya saja.
5. Tujuan pembelajaran yang menggunakan
media video apabila dilihat dari aspek kognitif dan aspek afektif adalah pada aspek kognitif melalui media
video dapat melatih kemampuan intelektual siswa. Video dapat dimanfaatkan untuk
membelajarkan hal-hal yang terkait dengan pengetahuan dan itelektual siswa.
Pada aspek afektif, program video dapat dimanfaatkan untuk melatih unsur emosi,
empati, dan apresiasi terhadap suatu aktivitas atau keadaan.
Komentar
Posting Komentar