media pembelajaran



NAMA                  : CHOLIFATUN
NIM                       : 021514644

JAWABAN TUGAS 2
1.       beberapa pertimbangan positif dalam upaya mengembangkan
Media Pembelajaran adalah
a.       Media yang dibutuhkan oleh guru dan siswa tersedia/ada.
b.      Media yang digunakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
c.       Penggunaan media tersebut tidak membebani siswa dan guru,ataupun pihak-pihak lain terkait yang mampu membiayai pengadaan media.
d.      Guru harus sudah siap untuk mengombinasikan penggunaan media dengan aktivitas lain untuk siswa.
e.       Guru dapat menggunakan orang, bahan mentah, daur ulang yang ada di sekitar untuk mengembangkan media yang digunakan.
2.       Menurut saya bentuk pemanfaatan media audio yang lengkap untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran kepada siswa adalah media audiovisual, contohnya CD audiovisual yang digunakan oleh guru akan lebih lengkap penjelasannya karena menampilkan suara dan juga gambar, diharapkan siswa menjadi lebih paham karena dapat melihat dan mendengar penjelasan suatu materi pelajaran melalui media audiovisual.
3.       Tujuan Pemanfaatan Program Video dalam proses pembelajaran adalah
a.       Memberi informasi (to inform)
Program video mampu digunakan sebagai sarana untuk mendiseminasikan informasi dan pengetahuan yang diperlukan oleh penggunanya.
b.      Membelajarkan (to instruct)
Program video pembelajaran dapat juga untuk membelajarkan pemirsa tentang keterampilan atau kompetensi yang bersifat spesifik.
c.       Membujuk (to persuade)
Program video kerap digunakan sebagai sarana persuasif untuk membujuk pemirsa agar melakukan suatu tindakan tertentu.
d.      Menghibur (to entertain)
Untuk keperluan pembelajaran, saat ini banyak program yang diproduksi dengan menggunakan pendekatan edutainment mendidik sambil menghibur.
4.       Perbedaan program video pembelajaran dengan program video hiburan adalah video pembelajaran merujuk kepada mediun video yang sengaja didesain atau dirancang untuk keperluan pembelajaran. Video pembelajaran biasanya ditujukan untuk mendukung aktivitas pembelajaran pada kelompok pemirsa yang spesifik agar mencapai kompetensi yang spesifik pula. Sedangkan program video hiburan memiliki tujuan hanya menghibur pemirsanya saja.
5.      Tujuan pembelajaran yang menggunakan media video apabila dilihat dari aspek kognitif dan aspek afektif  adalah pada aspek kognitif melalui media video dapat melatih kemampuan intelektual siswa. Video dapat dimanfaatkan untuk membelajarkan hal-hal yang terkait dengan pengetahuan dan itelektual siswa. Pada aspek afektif, program video dapat dimanfaatkan untuk melatih unsur emosi, empati, dan apresiasi terhadap suatu aktivitas atau keadaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pendekatan,metode, dan teknik pembelajaran bahasa Indonesia

periodisasi sastra

perbedaan pusi lama dan puisi baru