Perkembangan bahasa anak
NAMA :CHOLIFATUN
NIM :
021514644
JAWABAN
Tugas 2(Perkembangan Peserta Didik)
1. Faktor-faktor mempengaruhi perkembangan bahasa anak adalah
1. Faktor-faktor mempengaruhi perkembangan bahasa anak adalah
a. Pengaruh Biologis terhadap Perkembangan Bahasa Anak
b. Pengaruh Intelektual terhadap Perkembangan Bahasa Anak
c. Pengaruh Lingkungan terhadap Perkembangan Bahasa Anak
2. Tahap-tahap perkembangan bahasa anak menurut Santrock
Tabel 01. Tahap-tahap Perkembangan Bahasa Brown.
Tahap
|
Usia
rata-rata
(bulan)
|
Panjang pengucapan rata-
rata (jumlah rata-
rata per kalimat)
|
Karakteristik
|
Kalimat yang
Lazim diucapkan
|
1
|
12-26
|
1,00-2,00
|
Perbendaharaan kata
utamanya terdiri dari banyak kata benda dan kata kerja dengan sedikit kata
sifat dan kata keterangan; urutan kata diperhatikan
|
Bayi madi
|
2
|
27-30
|
2,00-2,50
|
Penggunaan kata jamak,
menggunakan past tense, penggunaan be, kata depan, beberapa preposisi
|
Mobil maju cepat
|
3
|
31-34
|
2,50-3,00
|
Menggunakan pertanyaan
ya-tidak, pertanyaan (who, what, where); menggunakan kalimat sanggahan dan
kalimat berita
|
Letakkan bayi itu
|
4
|
35-40
|
3,00-3,75
|
Meletakkan kalimat yang
satu di dalam kalimat yang lain
|
Itu mobil yang ibu beli
untukku
|
5
|
41-46
|
3,75-4,50
|
Koordinasi antar kalimat-kalimat sederhana dan hubungan-hubungan
proposional
|
Jenny dan Candi it saudara
|
(Santrock. 1995: 187)
3. Tipe-tipe perkembangan bahasa anak adalah pada usia prasekolah tipe perkembangan bahasa anak masih bersifat egosentris, untuk hal ini orang tua hendaknya bijaksana dalam menanggapi persepsi yang dikomunikasikannya. Atau dengan kata lain, pada usia ini hal-hal yang diutarakan anak masih berdasarkan sudut pandang dan kebutuhan dirinya sendiri.
4. Karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD antara lain
a.
Pembentukan dan penambahan
perbendaharaan kata
b.
Perbaikan dan pengucapan
c.
Pembentukan kalimat
d.
Perubahan isi bahasa gaya
bahasa
Komentar
Posting Komentar