media pembelajaran



1.         Manfaat dari program microsoft
a.         Dapat mengolah kata yang kita inginkan dengan menggunakan Microsoft Word.
b.         Dapat mengolah angka dengan sentuhan tabel dan grafik dengan menggunakan Microsoft Excel
c.          Dapat menyimpan dan mengolah data yang sangat banyak dengan file yang sangat beragam dengan menggunakan Microsoft Access.
d.         Dapat membuat media untuk presentasi dengan menggunakan Microsoft Powerpoint
e.         Dapat menerima dan mengirim e-mail dengan menggunakan Microsoft Outlook
f.          Dapat digunakan untuk merancang website dengan menggunakan program microsoft FrontPage.

2.         4 komponen yang bekerja dalam mendesain materi
yang akan diterapkan dalam pembelajaran antara lain
a.      Pengembang materi yang mengembangkan materi ke dalam bentuk frame.
b.      Perancang pembelajaran yang merancang proses pembelajaran mulai dari perencanaan, penyampaian sampai ke proses evakuasi.
c.       Ahli pemrograman yang memiliki kemampuan khusus dalam melakukan key-in materi yang dikembangkan oleh pengembang materi ke dalam aplikasi program komputer berdasarkan flowchart dan frame.
d.      Desain tampilan yang mendesain bentuk tampilan.

3.         Kiat guru untuk mengatur pembelajaran yang memadukan
antara unsur bermain (bersosialisasi dengan lingkungan) dengan kegiatan
belajar pada anak usia sekolah dasar, antara lain:
a.       Guru harus merancang pembelajaran dan skenario pembelajaran dengan kreatif sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan tetap terfokus pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b.      Suasana pembelajaran juga harus dipersiapkan dengan baik sehingga pembelajaran benar-benar mencapai tujuan
c.       Hindari mengutamakan salah satu bidang kajian.
d.      Pemanfaatan lingkungan alam sekitarnya harus memadai, guru harus merujuk pada bahan bacaan atau sumber informasi lainnya yang cukup banyak dan bervariasi.
e.      Peserta didik harus dibiasakan berpikir analitik, kemampuan asosiatif, eksploratif, dan elaboratif sehingga pembelajaran dengan unsur bermain bukan hanya sekedar bermain saja.
f.        Guru harus menyiapkan teknik penilaian yang menyeluruh dan komprehensif.

4.         lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar adalah bahwa adanya pemanfaatan lingkungan alam di sekitar sekolah sebagai bahan pembelajaran. Ilmu pengetahuan yang didapat peserta didik dibangun dalam diri seorang individu melalui proses interaksi yang berkesinambungan dengan lingkungan alam secara langsung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pendekatan,metode, dan teknik pembelajaran bahasa Indonesia

periodisasi sastra

perbedaan pusi lama dan puisi baru