media pembelajaran
1.
Manfaat dari program microsoft
a.
Dapat mengolah kata yang kita inginkan dengan
menggunakan Microsoft Word.
b.
Dapat mengolah angka dengan sentuhan tabel dan
grafik dengan menggunakan Microsoft Excel
c.
Dapat menyimpan dan mengolah data yang sangat
banyak dengan file yang sangat beragam dengan menggunakan Microsoft Access.
d.
Dapat membuat media untuk presentasi dengan
menggunakan Microsoft Powerpoint
e.
Dapat menerima dan mengirim e-mail dengan
menggunakan Microsoft Outlook
f.
Dapat digunakan untuk merancang website dengan
menggunakan program microsoft FrontPage.
2.
4 komponen yang bekerja dalam mendesain materi
yang akan diterapkan dalam pembelajaran antara lain
yang akan diterapkan dalam pembelajaran antara lain
a. Pengembang
materi yang mengembangkan materi ke dalam bentuk frame.
b.
Perancang pembelajaran yang merancang proses
pembelajaran mulai dari perencanaan, penyampaian sampai ke proses evakuasi.
c.
Ahli pemrograman yang memiliki kemampuan khusus
dalam melakukan key-in materi yang
dikembangkan oleh pengembang materi ke dalam aplikasi program komputer
berdasarkan flowchart dan frame.
d.
Desain tampilan yang mendesain bentuk tampilan.
3.
Kiat guru untuk mengatur pembelajaran yang
memadukan
antara unsur bermain (bersosialisasi dengan lingkungan) dengan kegiatan
belajar pada anak usia sekolah dasar, antara lain:
antara unsur bermain (bersosialisasi dengan lingkungan) dengan kegiatan
belajar pada anak usia sekolah dasar, antara lain:
a.
Guru harus merancang pembelajaran dan skenario
pembelajaran dengan kreatif sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik
dan tetap terfokus pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b.
Suasana pembelajaran juga harus dipersiapkan
dengan baik sehingga pembelajaran benar-benar mencapai tujuan
c.
Hindari mengutamakan salah satu bidang kajian.
d.
Pemanfaatan lingkungan alam sekitarnya harus
memadai, guru harus merujuk pada bahan bacaan atau sumber informasi lainnya
yang cukup banyak dan bervariasi.
e.
Peserta didik harus dibiasakan berpikir
analitik, kemampuan asosiatif, eksploratif, dan elaboratif sehingga
pembelajaran dengan unsur bermain bukan hanya sekedar bermain saja.
f.
Guru harus menyiapkan teknik penilaian yang
menyeluruh dan komprehensif.
4.
lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber
belajar adalah bahwa adanya pemanfaatan lingkungan alam di sekitar sekolah
sebagai bahan pembelajaran. Ilmu pengetahuan yang didapat peserta didik
dibangun dalam diri seorang individu melalui proses interaksi yang
berkesinambungan dengan lingkungan alam secara langsung
Komentar
Posting Komentar