DRAMA
TUGAS 2 DRAMA
Anda guru SMP/SMA/SMK akan mempersiapkan pementasan
drama, maka posisi Anda sebagai sutradara perlu mempersiapkan tugas antara lain
menentukan casting dsb.
1. Hal yang perlu kita lakukan dalam menentukan casting
terhadap peserta didik yang kita pilih sebagai pemain/pelaku pada drama
"Majalah Dinding" karya Bakdi Soemanto pada lampiran 2 halaman 12.90
s.d. 12.95 Buku Materi Pokok Drama/BBIN4217 antara lain:
-
Untuk pendidikan, pemilihan
pemain/pelaku didasarkan untuk mengasah kemampuan akting maupun mendidik sikap
anggota kelompok.
-
Kita dapat menggunakan Therapeutic-casting yaitu pemilihan
pemain karena dianggap peran yang akan dimainkan bertentangan dengan watak asli
si pemain. Hal ini dimaksudkan untuk penyembuhan atau mengurangi
ketakseimbangan jiwa pemain.
-
Kita perlu lakukan audisi untuk memilih
pemain.
-
Pembaca dialog terbaik tidak selalu
dapat menjadi pemain yang terbaik.
-
Sebaiknya sebelum ditentukan pemainnya
kita harus meminta siswa membaca cuplikan dari beberapa adegan yang
berbeda-beda.
-
Siswa dapat diminta untuk melakukan
adegan tanpa naskah, mereka dapat meloncat-loncat dari satu adegan ke adegan
yang lain dengan dialog mereka sendiri.
-
Kita harus mengeksplorasi daya kemampuan
perasaan dramatik dan kemampuan akting dengan meminta siswa berpantomim
memainkan adegan dalam lakon tersebut.
2. Hal-hal yang perlu kita sampaikan terlebih dahulu
kepada peserta didik dalam mempersiapkan bermain pantomim adalah
-
Peserta didik dipertontonkan pantomim
sederhana yang kita peragakan.
-
Memilih topik cerita dan mendiskusikan
dengan siswa sehingga mereka memahami apa yang harus mereka lakukan.
-
Peserta didik harus melakukan
latihan-latihan dasar yang meliputi improvisasi, kemampuan indra, sikap tubuh,
dan ekspresi wajah, emosi.
-
Evaluasi latihan ditujukan untuk mendorong
anak didik mengembangkan akting mereka.
-
Apabila anak malu gunakanlah teknik
pantomim bertopeng.
-
Setelah latihan akting berjalan lancar,
rancanglah musik untuk mengiringinya.
-
Buatlah kelompok berdasarkan kemampuan
anak didik untuk berpantomim, hal ini untuk memberikan materi dan perlakuan
yang tepat terhadap anak didik.
TUGAS 1 DRAMA
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
Sekolah
|
:
|
SMP Diponegoro
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 40 menit (2 x pertemuan)
|
|
A.
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
8. Mengungkapkan pikiran dan
perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
|
|
B.
|
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
|
8.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
(1). Mampu mengidentifikasi perbedaan gaya penulisan drama
(2) Mampu menulis
naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca.
|
|
C.
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
1.
Siswa dapat mengidentifikasi
perbedaan gaya penulisan drama
2.
Siswa dapat menulis naskah drama berdasarkan
cerpen yang dibaca
|
|
D.
|
Materi Pembelajaran
|
:
|
|
|
E.
|
Metode/Model Pembelajaran
|
:
|
|
|
F.
|
Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
|
:
|
Pertemuan Pertama:
I. Pendahuluan
1. Salam dan tegur sapa
2. Mengabsen siswa
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran
II. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
2. Elaborasi
Guru dan siswa
bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran
III. Kegiatan akhir
Unsur karakter : keberanian, kemandirian, kecermatan, kecerdasan,
menghargai orang lain, toleransi, kritis, tanggap
Pertemuan Kedua:
I.
Pendahuluan
1.
Salam
dan tegur sapa
2.
Mengabsen
siswa
3.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran
II.
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
2. Elaborasi
3. Konfirmasi
Siswa dan guru menyimpulkan
materi pelajaran
III. Kegiatan akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi
Unsur karakter : keberanian, kemandirian,
kecermatan, kecerdasan, menghargai orang lain, toleransi, kritis, tanggap
|
|
G.
|
Sumber Belajar
|
:
|
1.
Buku naskah / teks drama
2.
Buku referensi yang berisikan drama
|
|
H.
|
Penilaian
|
:
|
|
|
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
||||||||||||||||
|
1. Mampu menyusun kerangka naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca
2. Mampu mengembangkan kerangka cerita menjadi teks
drama satu babak yang mengandung keaslian ide.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja produk
|
1. Susunlah kerangka
cerita drama berdasarkan cerpen yang sudah kamu pilih !
2. Kembangkan
kerangka cerita menjadi naskah drama !
Rubrik
penilaian menulis naskah drama
Kriteria keterampilan
6 ya = 10
5 ya = 9
4 ya = 8 (batas lulus)
Di bawah 4 = belum lulus
Penghitugan nilai akhir
dalam skala 0 s.d. 100
Nilai Akhir = (Skor
Perolehan : Skor Maksimal) x 100
|
Mengetahui Banyumas,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Bambang,
S.Pd. M.Pd Cholifatun, S.Pd
Komentar
Posting Komentar